05.24
0
PROVINSI KALIMANTAN UTARA


indonesia kalimantan utara 2012
Assalamualaikum....

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan SerawakMalaysia Timur.
Saat ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda Indonesia, resmi disahkan menjadi provinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012.[1] Infrastruktur pemerintahan Kalimantan Utara masih dalam proses persiapan yang direncanakan akan berlangsung paling lama dalam 1 tahun.

Pada saat dibentuknya, wilayah Kalimantan Utara dibagi menjadi 5 wilayah administrasi, yang terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten sebagai berikut:
Seluruh wilayah ini sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Kalimantan Timur.
PeringkatKabupaten/KotaPopulasiIbukota
1Kota Tarakan239.973-
2Kabupaten Nunukan140.567Nunukan
3Kabupaten Bulungan226.322Tanjung Selor
4Kabupaten Malinau62.460Malinau
5Kabupaten Tana Tidung22.841Tideng Pale
dalam persemiannya pun yang awalnya tanggal 25 oktober 2012 dan di tulis secara sh dan resmi serta sudah memenuhi syarat, akhirnya
 Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi meresmikan pembentukan 11 daerah otonom baru di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin, 22 April 2013. 


Sebelas daerah otonom baru tersebut yakni Provinsi Kalimantan Utara, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Malaka, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Pulau Taliabu, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dan Kabupaten Kolaka Ilir.

Untuk ibukota Kalimantan Utara bertempat di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.  Selain meresmikan 11 Daerah Otonom Baru, Gamawan juga melantik pelaksana tugas Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan 10 pejabat bupati. 

Gamawan berharap dengan peresmian ini pemerintah daerah dan masyarakat lebih meningkatkan kegiatan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan. "Demi kesejahteraan masyarakat lahir dan batin.
foto di atas adalah pelabuhan Tarakan yang sekarang menjadi Kalimantan Utara

0 komentar:

Posting Komentar