04.04
0
Assalamualaikum...

MEKANISME  KERJA DARI CSMA/CA danCSMA/CD


CSMA/CD
Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection atau sering disingkat menjadi CSMA/CD adalah sebuah metode media access control (MAC) yang digunakan oleh teknologi jaringanEthernet. Dengan metode ini, sebuah node jaringan yang akan mengirim data ke node tujuan pertama-tama akan memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan olehnode lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka node tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantiaTeknik kontrol akses media yang bekerja pada jaringan kabel




Cara kerja : Komputer akan mendeteksi apakah ada kabel di jaringan (Carrier Sense). Apabila ada,maka komputer yang akan mengirimkan paket data, akan menunggu sampai tidak ada computer lagi yang mengirimkan paket data (logika untuk menghindari terjadinyacollision data). Setelah keadaan memungkinkan, maka komputer akan segera mengirimkan paket datanya melalui kabel jaringan. Meskipun proses komunikasi datasudah di design sedemikian rupa, untuk menghidari terjadinya collision, tetapi tetapsaja terkadang terdapat suatu masalah. Maka saat collision terjadi (paket data yangdikirimkan menjadi tidak berguna/hancur) dan komputer akan menunggu beberapasaat untuk mencoba mengirimkan datanya lagi.



CSMA/CA


Teknik control akses media yang bekerja pada wirelessCara Kerja :Komputer yang akan mengirimkan paket data,akan mengirimkan paket broadcastyang berisi pengumuman jumlah waktu yang di butuhkan untuk mengirimkan paketdatanya. Komputer yang lain akan menerima pesan, akan menahan paket datanya,sesuai waktu yang di request oleh komputer lain tadi. Kemudian komputer yang sudahmengantri tadi, akan mengecek kembali apakah paket data komputer yang me-requestpengiriman paket data tadi telah mengirimkan paket datanya dengan sukses. Setelahterdeteksi ternyata telah sukses terkirim, maka komputer yang telah mengantri tadiakan mengirimkan paket-paket datanya.





Efek yang di timbulkan :
· mengurangi tabrakan yang dapat meningkatkan kinerja jaringan.
· kinerja protokol ini akan sangat baik ketika jumlah paket yang ditransmisikan semakin bertambah.
· kinerja protokol juga menjadi lebih baik ketika jumlah station dan waktu transmisi paket lebih besar.


semoga bermanfaat 
link induk http://irwanshofwan.blogspot.com/2013/09/metoda-akses.html

0 komentar:

Posting Komentar