20.49
0

TATA CARA MENJADI BILAL JUMAT

Assalamu’alaikum, apa kabarnya sobat? Semoga Allah senantiasa memberikan kebaikan dengan iman islam. Amiin.
Sobat kali ini saya akan share bagi yang mencari lafaz bacaan bilal salat jum’at, yang Insya Allah akan berguna untuk saat ini atau dihari kemudian disaat kita membutuhkannya.
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa bacaan bilal ini di baca setelah dikumandangkan adzan dan biasanya setelah shalat sunat rawatib jum’at.

Seperti yang sering saya dengar, bahwa bilal membacakan/menyerukan dan mengingatkan kepada para jamaah untuk diam sejenak di saat khotib berkhutbah. Dan perlu diingat bahwa khutbah ini merupakan bagian dari salat jum’at. Dan apabila kita tidak mendengarkan khutbah tersebut atau mengobrol, maka sia-sialah salat kita.
Bacaan bilal di setiap daerah kadang berbeda ada yang pendek dan yang panjang. Di bawah ini ada dua macam bacaan bilal jum’at yang sering saya dengar.
Bacaan yang pertama :

يَا مَعَاشِرَ اْلـمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ اْلـمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ
رُوِيَ عَنْ أَبِى هُـرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّه قَالَ:
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ اْلجُمْعَةِ أَنْصِتْ وَاْلإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ, أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ, أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Yaa ma’asyiral muslimiina wazumratal mu miniina rahimakumullah,
Ruwiya‘an abi huraiyrah radhiyallahu‘anhu, anhu qal:
Qala rasuulullahi shallallahu‘alayyhi wasallam, idzaa qulta lishahibika yaumaljum’ah anshit wal imamu yakh-dhubu faqad laghaat, anshituu wasma’uu wa athii’uu rahimakumullah, anshituu wasma’uu wa uthii’uu rahimakumullahanshituu wasma’uu wa athii’uu la’allakum turhamuun.


Bacaan bilal yang lain seperti :

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ الْمُوْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ اِنَّ يَوْمَ الْجُمْعَةِ سَيِّدُ اْلأَيَّامِ وَحِجُّ الْفَقَرَاءِ وَعِيْدُ الْمَسَاكِيْنَ. اَلْخُطْبَتَانِ فِيْهَا مَقَامُ رَكْعَتِيْنِ مِنَ الْفَرْضِ. فَاِذَا صَعِدَ الْخَطِيْبُ عَلَى الْمِنْبَرِ فَلاَ يَتَكَلَّمَنَّ اَحَدُكُمْ وَمَنْ يَتَكَلَّمُ فَقَدْ لَغَا وَمَنْ لَغَا فَلاَ جُمْعَةَ لَهُ ،اَنْصِتُوْا وَاَسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ
اَنْصِتُوْا وَاَسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا جَمِيْعًا رَحِمَكُمُ اللهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Ma’asyiral muslimiina wazumratal muu miniina rahimakumullah inna yaumal jum’ati sayyidul ayyam wahijjul khathiyybu ‘alaal mimbar falaa yatakallamanni ahadukum waman yatakallam faqad laghaa falaa jum’ata-lah, anshituu wa asma’uu wa athii’uu rahimakumullah. Anshituu wa asma’uu jamii’a rahimakumullah la’allakum tuflihuun.

Lafaz di atas bisa di tambah atau diakhiri dengan bacaan:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰا ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِي. يٰااَيُّهَاالَّذِيْنَ اٰمَنُوْاصَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْاتَسْلِيْمَا


Innallaha wamalaa ikatahu yushalluuna ‘alaannabii, yaa ayyuhalladziina aamanuu shalluu ‘alayyhihi wasallimuu tasliimaa.


Tidak akan akan pernah merugi apabila kita menghafal bacaan tersebut, walaupun kita belum menjadi bilal jum’at. 

Ilmu Allah harus diamalkan

0 komentar:

Posting Komentar